PENERAPANN METODE AL-BAGHDAD DALAM KEGIATAN BELAJAR AL-QUR'AN DI MUSHOLLA AINUL YAQIN KECAMATAN RATU AGUNG KOTA BENGKULU

ROBBYANSA, ILHAM (2021) PENERAPANN METODE AL-BAGHDAD DALAM KEGIATAN BELAJAR AL-QUR'AN DI MUSHOLLA AINUL YAQIN KECAMATAN RATU AGUNG KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ILHAM ROBBYANSA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ilham Robbyansa, NIM. 1611210084. “Penerepan metode Al-Baghdad dalam kegiatan belajar Al-Qur'an di Musholla Ainul Yaqin Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu” Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing: I. Dr. H. M. Nasron HK, M.Pd.I, Pembimbing II: M. Hidayaturrahman, M.Pd.I Kata Kunci: Penerapan, metode Al-Baghdad, kegiatan belajar Al-Qur'an Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran metode Al-Baghdad dalam kegiatan belajar Al-Qur'an di Musholla Ainul Yaqin Kec. Ratu Agung kota Bengkulu dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pembelajaran metode Al-Baghdad dalam kegiatan belajar Al-Qur'an Jama’ah di Musholla Ainul Yaqin Kecamatan Ratu Agung kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu suatu pendekatan penelitian yang mengungkap situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar, dibentuk oleh kata-kata berdasarkan teknik pengumpulan dan analis data yang relevan yang diperoleh dari situasi yang alamiah. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, dimana peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan langsung tentang sesuatu fenomena yang terjadi. Dengan menggunakan landasan teori yang dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pengajar telah memberikan pembelajaran AlQur'an setiap malam Jum'at berupa kegiatan belajar Al-Qur'an dengan menggunakan metode Al-Baghdad dengan baik. Bacaan Al-Qur'an jama’ah Musholla Ainul Yaqin sudah meningkat dari yang awalnya masih banyak yang belum lancar dan masih banyak yang tidak memahami ejaan, bacaan, hukum bacaan Al-Qur'an sekarang sudah mulai banyak yang lancar dan mengetahui ejaan, bacaan, dan hukum bacaan Al-Qur'an. Kendala yang dihadapi masih ada jama’ah yang tidak mngulang pembelajaraan di rumah sehingga jama’ah sering lupa materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode Al-Baghdad, Kegiatan belajar Al-Qur'an
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 02 Mar 2021 07:45
Last Modified: 02 Mar 2021 07:47
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5457

Actions (login required)

View Item View Item