ANALISIS KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI MTS DARUSSALAM KOTA BENGKULU

ASTUTI, DEWI (2021) ANALISIS KOMPETENSI GURU BAHASA ARAB DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI MTS DARUSSALAM KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ful word.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dewi Astuti, NIM: 1611220021, Tahun 2020, Judul Skripsi “Analisis Kompetensi Guru Bahasa Arab Dalam Penyusunan Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) Di MTs Darussalam Kota Bengkulu”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, IAIN Bengkulu, Pembimbing 1: Nur Hidayat, M.Ag, Pembimbing 2: M. Hidayaturrahman, M.Pd.I. Latar belakang penelitian ini adalah: bagaimana kompetensi pedagogik guru bahasa arab dalam Penyusunan Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) Di MTs Darussalam Kota Bengkulu? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru bahasa arab dalam Penyusunan Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) Di MTs Darussalam Kota Bengkulu. Informan di penelitian ini adalah guru bahasa arab Di MTs Darussalam Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan pedoman pengumpulan data yang digunakan di penelitian ini adalah melalui pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru bahasa arab dalam Penyusunan Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) Di MTs Darussalam Kota Bengkulu sudah cukup baik. Namun, dari hasil analisis RPP ditemukan bahwa dalam sistematika penyusunannya terdapat beberapa komponen yang tidak lengkap bahkan tidak sesuai dengan pedoman Permendikbud kurikulum 2013. Dari hasil observasi dan wawancara juga guru dalam menyususn RPP tidak dibuat sendiri melainkan hasil mengedit dari RPP yang terdapat dalam buku pegangan guru bahasa arab. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: guru tidak memahami tentang cara penyusunan RPP dengan baik, karena guru tidak memiliki skill yang menunjang dalam bidang pendidikan dan bukan berasal dari alumni pendidikan bahasa Arab serta belum pernah mengikuti dan belum diberikan pelatihan-pelatihan khusus cara menyusun RPP kurikulum 2013 dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kompetensi Guru Bahasa Arab, Penyusunan Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Arab
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 01 Apr 2021 07:17
Last Modified: 01 Apr 2021 07:17
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5630

Actions (login required)

View Item View Item