PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 118 SELUMA

Pranata, Febi (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 118 SELUMA. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap pebi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti pada tanggal 23 April 2018 kondisi pembelajaran yang dilaksanakan di kelas rendah masih diwarnai pendekatan yang masih konvensional yang cenderung bersifat pada guru. Hal tersebut membuat pembelajaran kurang mampu merangsang siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar, serta dirasa kurang digemari siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik di Kelas II SDN 118 Seluma dengan menggunakan media lingkungan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dilaksanakan secara siklus persiklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 118 Seluma yang berjumlah 39 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu, lembar tes dan lembar observasi. Tes tertulis dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai, persentase ketuntasan belajar klasikal dan daya serap klasikal, sedangkan data observasi dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, kisaran nilai untuk tiap kriteria. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: (1) siklus I dengan ratarata skor observasi aktivitas guru 47,75 kategori baik dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 49 kategori baik, sedangkan nilai rata-rata yaitu IPA 7,16, IPS 6,96, MTK 7,21, BI 7,35 dan ketuntasan belajar klasikal yaitu IPA 66,23%, IPS 64,1%, MTK 71,7%, BI 69,23% ; (2) siklus II dengan rata-rata skor observasi aktivitas guru 63,25 kategori sangat baik dan rata-rata skor observasi aktivitas siswa 63,5 kategori sangat baik, sedangkan nilai rata-rata IPA 7,55, IPS 7,6, MTK 7,98, BI 8,6 dan ketuntasan belajar klasikal IPA 79,48%, IPS 84,6%, MTK 87,7%, BI 82,05%. Berdasakan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran tematik dengan menggunakan media lingkungan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran tematik dan dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 118 Seluma. Maka disarankan kepada guru sekolah dasar khususnya dalam mengajarkan pembelajaran di kelas rendah agar menerapkan pembelajaran tematik dan menggunakan media lingkungan sebagai salah satu sumber belajar. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media lingkungan, hendaknya guru lebih memperhatikan siswa pada saat melakukan pengamatan lingkungan. Kata kunci: Pembelajaran Tematik, Media Lingkungan, Keaktifan siswa, Prestasi belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 02 Sep 2021 07:05
Last Modified: 02 Sep 2021 07:05
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6046

Actions (login required)

View Item View Item