Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Time Token Arends Terhadap Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 4 Bengkulu Selatan

-, Marlena (2021) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Time Token Arends Terhadap Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 4 Bengkulu Selatan. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan model time token Arends dalam pembelajaran yang berkenaan dengan keaktifan belajar dan hasil bealajar. Hal tersebut, menjadi pokok masalah dalam penelitian ini. Selanjutnya, melalui penelitin ini dapat diuraikan mengenai peningkatan keaktifan bealajar siswa kelas X di SMA Negeri 4 Bengkulu Selatan. Dengan demikian, tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berbicara siswa pada proses pembelajaran dengan model time token Arends dengan menggunakan media kartu untuk berbicara. Jenis penelitian adalah kuantitatif eksperimen dan desain yang digunakan adalah quasi eksperimen design, metode yang dipilih dalam penelitian ini adalah Uji Paired Sampel T Test, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA¹ dengan jumlah 19 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPS¹ dengan jumlah 19 orang sebagai kelas kontrol. Data keaktifan bealajar siswa yang diperoleh dari hasil posstest yang berbentuk pertanyaan, dan untuk data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil posstest berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukan perbedaan hasil belajar sebesar 8,380 untuk kelas eksperimen, dan 3.745 untuk kelas kontrol. Hal ini di buktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan di atas didapatkan tobtained= 0.00sedangkan tsignifikan= 0,05 Sehingga bila dimasukkan pada rumus hipotesis tobtained > tzignifikan, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara kelas X IPA¹ yang menggunakan model pembelajaran Time Token Arends dengan siswa kelas X IPS¹ yang tidak menggunakan model pembelajaran Time Token Arends. Dari hasil penelitian merekomendasikan pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Time Token Arends dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran pendidikan agama islam. Kata Kunci : Model Pembelajaran Time Token Arends.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:10
Last Modified: 20 Sep 2021 04:10
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6504

Actions (login required)

View Item View Item