Strategi Guru Dalam Meningkatkan Hafalan Mufrodat Di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah

Husna, Ul Annisa (2021) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Hafalan Mufrodat Di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah. Other thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Annisa Ul Husna.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini menjelaskan bahwa seorang guru harus dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan khususnya dalam pembelajaran bahasa arab yang dianggap sulit dan membosankan. Pembelajaran bahasa arab juga tidak terlepas dari kosakata, dimana dalam memahami materi bahasa arab perlu mengetahui dan menghafalkan kosakata-kosakata yang ada. Penggunaan strategi guru yang tepat dalam meningkatkan hafalan kosakata bahasa arab di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah juga harus diperhatikan. Dengan adanya strategi pembelajaran yang dipilih oleh guru diharapkan dapat meningkatkan hafalan kemampuan kosakata bahasa arab di kelas II Tsanawiyah dan menjadikan proses kegiatan belajar mengajar menjadi efektif dan menyenangkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneltian lapangan (field Research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah adalah pimpinan pondok pesantren salafiyah hidayatul qomariyah, ustadzah bahasa arab, Pengurus dalam bidang kependidikan dan santri. Strategi guru dalam meningkatkan hafalan mufrodat di pondok pesantren salafiyah hidayatul qomariyah sudah berjalan dengan baik. Adapun strategi yang digunakan dalam meningkatkan hafalan mufrodat di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah adalah strategi exspositori dan strategi heuristic yang menekankan pada proses penyampaian materi secara verbal dari guru kepada siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi secara optimal dan juga menekankan pada para siswa aktif dalam pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Kata Kunci: Strategi Guru, Hafalan Mufrodat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Arab
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 22 Sep 2021 07:46
Last Modified: 22 Sep 2021 07:46
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7015

Actions (login required)

View Item View Item