فعالية استخدام طريقة التحسني يف ترقية القدرة على نطق احلروف اذلجائية لطالب ادلدرسة الثانوية اإلسالمية بنتشاسيال بنجكولو

ruwandi, Reki (2021) فعالية استخدام طريقة التحسني يف ترقية القدرة على نطق احلروف اذلجائية لطالب ادلدرسة الثانوية اإلسالمية بنتشاسيال بنجكولو. Diploma thesis, UIN FAS BENGKULU.

[img]
Preview
Text
Skripsi Reki ruwandii.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Reki ruwandi (1711220012) efektivitas penggunaan metode tahsin dalam meningkatkan kemampuan pengucapan huruf hijaiyyah di Mts Pancasila kota Bengkulu. Skripsi untuk jurusan tadris pendidikan bahasa arab fakultas tarbiyah dan tadris Universitas islam negri fatmawati soekarno Bengkulu. Pembimbing satu : Dr. Kasmantoni, M.Si dan pembimbing dua : Muhammad Hidayaturrahman, M.Pd.I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode tahsin di mts pancasila Bengkulu. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah apakah metode tahsin efektif dalam meningkatkan kemampuan pengucapan huruf hijaiyyah pada siswa mts pancasila Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tekhnik pengumpulan data angket dan tes. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas 7a, 7b, dan 7c mts pancasila bengkulu. Tekhnik analisis data pada penelitian ini adalah validitas menggunakan metode pearson correlation, sedangkan uji reabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach, uji normalitas menggunakan metode kolmogrov smirnov, uji linieritas menggunakan metode test of linierity, dan hipotesis dilakukan dengan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah Penggunaan metode tahsin efektif dalam meningkatkam kemampuan pengucapan huruf hijaiyyah siswa. hal tersebut dibuktikan dengan terpenuhinya hipotesis yang ditemukan hasil hitung uji t didapatkan nilai t hitung = 2.446 lebih besar dari t table = 2.000 pada taraf signifikan 5% yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima . Hasil penelitian juga menunjukan bahwa nilai posttest kelas eksperimen mengalami peningkatan setelah diberikan treatment dalam pembelajaran dengan menggunakan metode tahsin. Nilai rata-rata yang didapat pada saat pretest yaitu 75,68 sedangkan nilai rata-rata yang didapatkan saat posttest yaitu 85,87

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Tahsin, Huruf Hijaiyyah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Arab
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:02
Last Modified: 23 Sep 2021 03:02
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7041

Actions (login required)

View Item View Item