Kusuma, Tatang (2021) THE EFFECT OF COMPARE-DIAGNOSE-OPERATE (CDO) STRATEGY TOWARD STUDENTS’ WRITING ABILITY IN DESCRIPTIVE TEXT (A study at the tenth grade students of SMA Negeri 5 Bengkulu Tengah). Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.
|
Text
TATANG KUSUMA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif ( berupa nilai pre-test dan post-test) siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas control dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen semester ganjil di SMA N 5 Bengkulu Tengah, dengan memberikan perlakuan menggunakan strategi Compare- Diagnose-Operate (CDO). Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas sebelas SMA N 5 Bengkulu Tengah pada tahun akademik 2020/2021 dengan jumlah siswa sebannyak 119 siswa. Dari populasi ini, 37 siswa diambil sebgai sampel. Masing-masing kelas adalah X IPS 1 sebanyak 17 siswa dan X MIPA 3 sebanyak 20 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui test menulis dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perubahan yang signifikan pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai 71.85 sedangkan pada kelas control rata-rata nilai 52.06. Hasil post-test menunjukkan bahwa strategi Compare-Diagnose�Operate (CDO) dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Oleh karena itu, strategi ini dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Compare-Diagnose-Operate (CDO), Menulis Teks Deskriptif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | furqon adli |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 03:46 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 03:50 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7078 |
Actions (login required)
View Item |