THE EFFECT OF COMPARE-DIAGNOSE-OPERATE (CDO) STRATEGY TOWARD STUDENTS’ WRITING ABILITY IN DESCRIPTIVE TEXT (A study at the tenth grade students of SMA Negeri 5 Bengkulu Tengah)

Kusuma, Tatang (2021) THE EFFECT OF COMPARE-DIAGNOSE-OPERATE (CDO) STRATEGY TOWARD STUDENTS’ WRITING ABILITY IN DESCRIPTIVE TEXT (A study at the tenth grade students of SMA Negeri 5 Bengkulu Tengah). Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
TATANG KUSUMA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif ( berupa nilai pre-test dan post-test) siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas control dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen semester ganjil di SMA N 5 Bengkulu Tengah, dengan memberikan perlakuan menggunakan strategi Compare- Diagnose-Operate (CDO). Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas sebelas SMA N 5 Bengkulu Tengah pada tahun akademik 2020/2021 dengan jumlah siswa sebannyak 119 siswa. Dari populasi ini, 37 siswa diambil sebgai sampel. Masing-masing kelas adalah X IPS 1 sebanyak 17 siswa dan X MIPA 3 sebanyak 20 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui test menulis dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perubahan yang signifikan pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai 71.85 sedangkan pada kelas control rata-rata nilai 52.06. Hasil post-test menunjukkan bahwa strategi Compare-Diagnose�Operate (CDO) dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Oleh karena itu, strategi ini dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Compare-Diagnose-Operate (CDO), Menulis Teks Deskriptif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:46
Last Modified: 23 Sep 2021 03:50
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7078

Actions (login required)

View Item View Item