PENGARUH PROGRAM TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL�QURAN PADA ANAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN TPQ AR-RAHMAN PAGAR DEWA KECAMATAN SELEBAR KOTA BENGKULU

Indra Kurniawan, Agus (2021) PENGARUH PROGRAM TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL�QURAN PADA ANAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN TPQ AR-RAHMAN PAGAR DEWA KECAMATAN SELEBAR KOTA BENGKULU. Masters thesis, UIN FAS BENGKULU.

[img]
Preview
Text
AGUS INDRA_S2_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PROGRAM TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL�QURAN PADA ANAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN TPQ AR-RAHMAN PAGAR DEWA KECAMATAN SELEBAR KOTA BENGKULU Penulis : Agus Indra Kurniawan NIM. 1911540001 Pembimbing : 1. Dr. Zubaedi, M. Ag., M. Pd 2. Dr. Suhirman, M.Pd Keberadaan TPQ dalam sisi yang lebih operasional lagi dapat dikatakan sangat mendukung dalam rangka memberikan dukungan nyata atas keputusan pemerintah tentang pentingnya pengentasan buta aksara dan buta makna Al- Qur'an, dalam rangka penghayatan dan pengamalan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari, selain program TPQ motivasi orang tua sangat diperlukan dalam menstimulasi kemampuan membaca Al-Qur’an anak. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh program taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dan motivasi orang tua terhadap kemampuan membaca al-qur’an pada anak di taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Ar-Rahman Pagar Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan pendekatan ex post facto, ex post facto, sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Setelah dianalisis dengan analisis kuantitatif regresi linear berganda hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Ar-Rahman terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an anak di Taman Pendidikan Al-Qur’an TPQ Ar�Rahman Pagar Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu, dengan membandingan nilai signifikan = 0,05 dengan nilai sig pada tabel coefficents pada variabel program TPQ (X1) yaitu sebesar 0,002, artinya 0,002 < 0,05, 2) tidak ada pengaruh variabel motivasi orang tua terhadap variabel kemampuan membaca Al�Qur’an anak di TPQ Ar-Rahman Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, ini dapat diketahui dengan membandingan nilai signifikan = 0,05 dengan nilai sig pada tabel coefficents pada variabel motivasi orang tua (X2) yaitu sebesar 0,103, artinya 0,103 > 0,05 dan ada pengaruh variabel program taman pendidikan Al�Qur’an (TPQ) dan motivasi orang tua terhadap variabel kemampuan membaca Al�Qur’an anak di TPQ Ar-Rahman Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu, ini dapat diketahui dengan membandingan nilai signifikan = 0,05 dengan nilai sig pada tabel Anova pada variabel program TPQ (X1) dan variabel motivasi orang tua (X2) sebesar 0,000, artinya 0,000 < 0,05

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Program Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Motivasi Orang Tua dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 23 Sep 2021 07:58
Last Modified: 23 Sep 2021 07:58
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7123

Actions (login required)

View Item View Item