EFEKTIFITAS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 KAUR

Anggreni, Gusti (2021) EFEKTIFITAS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 KAUR. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
skripsi Gusti Anggreni.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu model yang bisa digunakan dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar adalah model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL), sebab dengan menerapkan model ini siswa dapat mengaitkan materi yang diberikan guru dengan kehidupan nyata siswa, sehingga dapat mempraktikkan pengetahuan yang dimilikinya dengan kehidupan mereka setiap hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model contextual teaching and learning (CTL) terhadap motivasi belajar IPA siswa Kelas V MIN 3 Kaur. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif korelasional adalah suatu penelitian yang menggunakan statistik agar dapat menentukan apakah ada hubungan atau tingkat hubungan antara dua variabel. Sampel dalam penelitian yaitu 30 orang siswa Kelas V. Teknik pengumpulan datanya yaitu angket atau kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas data angket menggunakan rumus korelasi product moment. Uji normalitas datanya menggunakan rumus uji chi kuadrat. Sedangkan pengujian hipotesis data menggunakan uji komparatif yaitu korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat efektifitas model pembelajaran contextual teaching and learning siswa terhadap motivasi belajar IPA siswa Kelas V MIN 3 Kaur. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji t sebesar 7,30. Selanjutnya dibandingkan dengan dk = N1 + N2 - 2 = 30 + 30 - 2 = 58. Dengan dk = 58 dengan taraf kesalahan ditetapkan sebesar 5 %, maka nilai t-tabel = 2,00. Dengan demikian, thitung > ttabel yaitu 7,30 > 2,00 yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model CTL, Motivasi Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:00
Last Modified: 24 Sep 2021 03:01
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7158

Actions (login required)

View Item View Item