PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Jayanti, Selvia Tri (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SELVIA_TRI_JAYANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan Modul Fisika Berbasis Discovery Learning pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan yang layak dan praktis untuk digunakan setelah divalidasi oleh beberapa ahli dan direspon oleh beberapa guru dan siswa. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah akan dibatasi peneliti disederhanakan menjadi 8 tahap pengembangan yaitu, produksi masal potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk kelompok terbatas, revisi produk, produk akhir. Penelitian ini dibatasi pada tahap uji coba produk kelompok terbatas yaitu kelayakan dan kepraktisan modul. Instumen yang digunakan adalah angket untuk kelayakan modul dan angket respon siswa dan guru untuk menguji kepraktisan modul. Subjek penelitian ini adalah 3 dosen yang terdiri atas dosen ahli materi, ahli bahasa, ahli media, serta 15 orang siswa kelas VII SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah beserta 2 orang guru IPA kelas VII. Data hasil analisis angket dengan menghitung persentase pencapaian kriteria kelayakan dan kepraktisan modul pembelajaran IPA berbasis Discovery Learning yang dikembangkan. Modul pembelajaran IPA berbasis Discovery Learning yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dengan persentase Ahli bahasa 96,66 % kategori ( Sangat Layak) ahli materi 81,25 % kategori ( Sangat Layak) ahli media 96 % kategori ( Sangat Layak). Dan respon 15 orang siswa dan 2 orang guru SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah dengan Presentase 92,94 %. Kategori sangat praktis, dan respon guru 94,95 % kategori sangat praktis. Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul telah layak dan sangat praktis digunakan sebagai bahan ajar dalam menunjang proses belajar mengajar pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di SMP untuk kelas VII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan,, Modul
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:07
Last Modified: 24 Sep 2021 03:07
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7162

Actions (login required)

View Item View Item