ANALISIS HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) PADA SOAL SUBJEKTIF TES DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS V SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU

Kemala, Fitria Intan (2021) ANALISIS HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) PADA SOAL SUBJEKTIF TES DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS V SD NEGERI 24 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
KRIPSI FITRIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) Pada Soal Subjektif Tes Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 24 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Metode Deskriktif, yaitu data yang dikumpulkan adalah berupa kata-kata gambar dan bukan angka, dengan demikian laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberikan gambaran penyajian laporan, dokumen yang akan dianalisis adalah dokumen resmi yaitu dokumen soal ulang harian Bahasa Indonesia yang dibuat oleh guru. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, yaitu memeriksa kembali data yang diperoleh melalui beberapa sumber. Adapun analisis data dilakukan melalui reduksi data, data display, kategorisasi, dan kesimpulan data. Hasil penelitian: Analisis HOTS pada soal subjektif tes dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas V SD Negeri 24 Kota Bengkulu dapat disimpulkan bahwa kemampuan berfikir pada naskah soal ulangan harian Bahasa Indonesia Tema 6 terdapat tiga kategori yaitu berfikir tingkat rendah (LOTS) terdapat 5 soal, berfikir tingkat menengah terdapat 5 soal (MOTS), berfikir tingkat tinggi ( HOTS) terdapat 10 soal. Dari ke 20 soal itu lebih dominan ke kategori HOTS. Soal-soal tipe HOTS untuk mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi dan dapat memecahkan masalah berbasis kontekstual ulangan harian Bahasa Indonesia tema 6.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: HOTS (High Order Thinking Skills), Soal Subjektif, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 24 Sep 2021 08:13
Last Modified: 24 Sep 2021 08:13
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7206

Actions (login required)

View Item View Item