PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 16 KOTA BENGKULU

Sari,, Depita (2022) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 16 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEPITA SARI.pdf

Download (18MB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu bidang studi yang menduduki peranan penting dalam pendidikan. Hampir setiap jenjang pendidikan matematika diajarkan, mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) sampai perguruan tinggi. Bahkan matematika juga telah diajarkan ditaman kanak-kanak (TK) secara informal. Hal ini dikarenakan pembelajaran matematika tidak hanya digunakan dilingkungan sekolah saja akan tetapi hampir dalam setiap aktivitas sehari-hari. Namun sampai saat ini mata pelajaran matematika masih dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan dan sulit untuk dipahami bagi sebagian orang. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara yang telah dilakukan di kelas IV SD Negeri 16 Kota Bengkulu, masih banyak siswa yang kesulitan ketika belajar matematika. Hal tersebut terjadi dikarenakan guru mereka hanya menjelaskan materi dan memberikan tugas sehingga siswa sulit untuk menerima dan memahami pembelajaran yang disampaikan. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan mengaplikasikan alat peraga blok pecahan dalam proses pembelajarannya. Alat peraga sendiri merupakan salah satu media yang sangat berperan penting dalam mendukung kegiatan belajar mengajar dalam membantu guru menyampaikan materi pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh atau tidak terdapat pengaruh penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 16 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitafif eksperimen (Experimental Research) jenis penelitian yang digunakan yaitu Pre- Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Hasil pengujian uji “t” yang telah dilakukan, diperoleh thitung = 8,16 sedangkan ttabel = 1,671 dengan df 60 (62-2) pada taraf signifikan 5% yaitu 1,671. Dengan demikian thitung > ttabel (8,16 > 1,671) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 16 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Blok Pecahan, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 26 Apr 2022 04:26
Last Modified: 26 Apr 2022 04:26
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8305

Actions (login required)

View Item View Item