KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS III MI NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Julianti,, Elisa (2022) KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS III MI NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
ELISA JULIANTI.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kemampuan membaca huruf hijaiyah kurang diperhatikan oleh guru sehingga tingkat kemampuan membaca huruf hijaiyah belum diketahui. Selama ini siswa hanya mampu membaca huruf hijaiyah secara berurutan, sehingga saat siswa dihadapkan pada huruf hijaiyah yang disusun secara acak yang terdiri dari beberapa tanda baca, siswa jusru bingung dan hampir semua huruf tidak bisa dibaca dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan siswa membaca huruf hijaiyah pada Pembelajaran Al-Qur‟an Hadits Siswa Kelas III MI Negeri 2 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, dengan 30 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah mengajukan grafik dengan hitungan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca huruf hijaiyah termasuk dalam kategori sangat baik yaitu 81,8. Berdasarkan hasil pjenelitian ini, Guru Al-Qur‟an Hadits yang melaksanakan pembelajaran huruf hijaiyah direkomendasikan untuk melakukan pengulangan bacaan dan memberikan contoh dalam melafadzkan huruf hijaiyah dengan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Huruf Hijaiyah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 17 May 2022 06:46
Last Modified: 17 May 2022 06:46
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8353

Actions (login required)

View Item View Item