PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT TEST BERBASIS STEM UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN

Agustina,, Rita (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT TEST BERBASIS STEM UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
RITA AGUSTINA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan bahwa instrumen assessment test berbasis STEM untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi interaksi makhluk hidup belum diterapkan, Kebanyakan soal cenderung mengukur aspek ingatan yang tidak dapat digunakan untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen assessment test berbasis STEM untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Delopment (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah Bord & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono yang meliputi potensi masalah, pengumpulan informasi, pengembangan produk, validasi ahli, revisi ahli, uji coba produk, revisi produk, dan produk akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil dari validasi materi, validasi bahasa, dan validasi asesmen sebesar 93,75%, 78%, dan 78,33%, dengan kategori layak. Hasil validitas keseluruhan dari 15 butir soal terdapat 5 butir soal tidak valid, dengan nilai Alpha Cronbach sebesar 0.806 dengan reliabilitas sangat tinggi, hasil dari uji tingkat kesukaran terdapat 1 soal mudah, 13 soal sedang, dan 1 sukar. Hasil daya pembeda menunjukan terdapat 9 butir soal dengan kategori baik, 3 butir soal dengan kategori cukup, dan 3 butir soal dengan kategori tidak baik. Dengan demikian instrumen assessment test ini terdapat 10 butir soal dalam bentuk essay yang layak digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Asesmen, STEM, Berpikir Kreatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:29
Last Modified: 29 Jun 2022 03:29
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9047

Actions (login required)

View Item View Item