فعالية استخدام طريقة رسم الخرائط على نتائج تعلم الطالب في درس اللغة العربية ّ في الفصل الثمانية با انوية لمدرسة الث 5 بنجكولو الجنوبية (Efektivitas Penggunaan Metode Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Arab di Kelas VIII MTs Negeri 3 Bengkulu Selatan)

Wahyuni, Dwi Intan (2022) فعالية استخدام طريقة رسم الخرائط على نتائج تعلم الطالب في درس اللغة العربية ّ في الفصل الثمانية با انوية لمدرسة الث 5 بنجكولو الجنوبية (Efektivitas Penggunaan Metode Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Arab di Kelas VIII MTs Negeri 3 Bengkulu Selatan). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DWI INTAN WAHYUNI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode concept mapping terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Arab di kelas delapan MTsN 3 Bengkulu Selatan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan yang masih rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Arab di kelas delapan MTsN 3 Bengkulu Selatan. Hasil ini diduga karena strategi dan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru dirasa kurang tepat sehingga materi yang diberikan tidak tersampaikan dengan baik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penggunaan metode concept mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII di MTsN 3 Bengkulu Selatan, Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode concept mapping efektiv dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa arab di kelas 8 MTs N 3 Bengkulu Selatan. Hasil penelitian dapat dilihat dari hasil posttest kelas eksperimen dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83,61 dan hasil posttest kelas kontrol dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 70,83. Dapat dibuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan metode concept mapping dan yang tidak menggunakan metode concept mapping. Berdasarkan hasil pengujian uji t terhadap kedua kelompok diperoleh thitung= 4,995 lebih besar dari ttabel= 1,688 dengan taraf signifikan 5% maka hipotesis Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Concept Mapping, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Arab
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:38
Last Modified: 29 Jun 2022 03:38
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9096

Actions (login required)

View Item View Item