مشكالت الطالب المتخرجين من المدرسة العالية العامة في تعلم اللغة العربية باالجامعة اإلسالمية الحكومية بنجكولو (Problematika Mahasiswa Lulusan dari SMA dalam Pembelajaran Bahasa Aarab di Institut Agama Islam Negeri Bengkulu)

Faria, Isti (2022) مشكالت الطالب المتخرجين من المدرسة العالية العامة في تعلم اللغة العربية باالجامعة اإلسالمية الحكومية بنجكولو (Problematika Mahasiswa Lulusan dari SMA dalam Pembelajaran Bahasa Aarab di Institut Agama Islam Negeri Bengkulu). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
ISTI FARIA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang problematika pembelajaran bahasa arab dan solusinya di iain bengkulu yang ditinjau dari segi kebahasaan dan non kebahasaan serta upaya yang dilakukan mahasiswa dalam mengatasi problematika tersbut. Jenis penelitian ini merupakan jenis pendekatan kualitatif yang berbentuk deskriptif analitis dan hasilnya digambarkan dengan kata-kata menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik Observasi, Wawancara, Dokumentasi.Setelah itu, data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data,dan membuat kesimpulan. Dan dalam penelitian ini mewawancarai mahasiswa bahasa arab semester dua di iain bengkulu yang berasal dari lulusan sekolah umum. Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah problematika pembelajaran bahasa arab dari segi kebahasaan meliputi : problem kosakata, problem menulis ,tata bahasa, membaca dan hafalan. Sedangkan problem dari non kebahasaan yaitu meliputi : motivasi, minat. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problem tersebut yaitu: untuk dosen membacakan materi terlebih dahulu hal ini dilakukan untuk mengenalkan huruf dan bunyi selain itu dosen meminta mahasiswa untuk menghafalkan mufrodat-mufrodat dan artinya. Guru menyuruh siswa unuk menulis arab,dan untuk lebih banyak membaca teks arab, mahasiswa harus lebih memperbanyak kosakata bahasa arab ,kemudian menambahkan jam belajar diluar jam kelas atau mengikuti les. Sedangkan untuk problematika dari segi non kebahasaan upaya yang dilakukan oleh dosen adalah dengan cara memotivasi mahasiswa khususnya lulusan umum dan menambah jam pelajaran diluar kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Arab
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:33
Last Modified: 13 Jul 2022 07:33
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9186

Actions (login required)

View Item View Item