تطبيىق استيراتيجية التعليم الفعال مع استيراتيجية المناقشة في عملية تعليم اللغة العربية (لتحصيلي الدرسي في المدرسة الثانوية الحكومية 4كاو و ر دراسة مقارنة نتائجىا) “Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa yang Menerapkan Strategi Pembelajaran Active Debat (Debat Aktif) Dengan Diskusi Kelompok Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas VII MTs Negeri 4 Kabupaten Kaur

Novita, Viliasih (2022) تطبيىق استيراتيجية التعليم الفعال مع استيراتيجية المناقشة في عملية تعليم اللغة العربية (لتحصيلي الدرسي في المدرسة الثانوية الحكومية 4كاو و ر دراسة مقارنة نتائجىا) “Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa yang Menerapkan Strategi Pembelajaran Active Debat (Debat Aktif) Dengan Diskusi Kelompok Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas VII MTs Negeri 4 Kabupaten Kaur. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
VILIASIH NOVITA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)perbedaan keterampilan diskusi antara siswa yang mendapat pembelajaran diskusi dengan menggunakan metode debat aktif dengan siswa yang mendapat pembelajaran diskusi tanpa menggunakan metode debat aktif pada siswa MTsN 14 Kaur,dan (2) keefektifan metode debat aktif dalam pembelajaran keterampilan diskusi siswa MTsN 14 Kaur.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yaitu eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain control group pretest posttes desaign. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa penggunaan metode debat aktif dan variabel terikat berupa keterampilan diskusi siswa. Uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan Alpha Cronbrach. Hasil penghitungan menunjukkan besarnya reliabilitas instrumen adalah 1, 946 dengan p sebesar 10111. Teknis analisis data menggunakan uji-t dan uji scheffe.Dari hasil uji statistik dapat diperoleh nilai uji-t dan uji scheffe. Hasil penghitungan uji-t menunjukkan bahwa skor t hitung lebih besar dari t tabel (th : 20116 > tt : 10994) pada taraf signifikansi 5: dan db 78 dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 10148 pada taraf signifikansi 5:. Hasil penghitungan uji scheffe menunjukkan F hitung lebih besar daripada skor F tabel (Fh : 40125 > Ft :3, 96) dengan db 78 dan pada taraf signifikansi 5: maka hipotesis Ha diterima

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode debat aktif dan Diskusi kelompok, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Arab
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:59
Last Modified: 19 Jul 2022 02:59
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9272

Actions (login required)

View Item View Item