ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENILAIAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 44 BENGKULU SELATAN

Desla, Mufita (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENILAIAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 44 BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, universitas islam negeri fatmawati sukarno bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
MUFITA DESLA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nama : Mufita Desla NIM : 1811240019 Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriftif, memiliki tujuan untuk mengetahui analisis faktor-faktor penilaian prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 44 Bengkulu Selatan. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya faktor penyebab penilaian prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 44 Bengkulu Selatan dimana faktor –faktor tersebut adalah faktor dari dalam diri siswa dan faktor luar diri siswa. Faktor penyebab penilaian prestasi belajar adalah adanya faktor Internal tersebut diantaranya kurangnya perhatian terhadap pembelajaran IPS, kurangnya minat dalam mengikuti pelajaran, bakat siswa yang belum berkembang, kurangnya motivasi siswa dan adanya faktor kelelahan yang dialami siswa. Sedangkan dari faktor eksternal terdapat dalam lingkungan teman sekolah hal ini dikarenakan teman tidak semua teman kelas yang dapat memberikan inspirasi dalam memotivasi belajar, karena ada beberapa siswa yang hobi bermalas-malasan, suka ribut dan berbincang saat pembelajaran berlangsung, metode pengajaran yang diberikan terlalu monoton hanya memberikan penejelasan dengan bercerita kemudian memberikan tugas, sehingga siswa kurang tertarik terhadap pembelajaran IPS, pengadaan buku perpustakaan yang masih kurang, hal ini menyebabkan keterbatasan siswa untuk menggali lebih jauh mengenai pembelajaran IPS, hal ini berdampak terhadap penilaian prestasi belajar siswa, sehingga siswa mendapatkan hasil penilaian yang rendah dimana nilai rata-rata siswa adalah di bawah nilai KKM Kata Kunci. Penilaian Prestasi belajar, IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Prestasi belajar, IPS
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:07
Last Modified: 05 Aug 2022 08:07
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9399

Actions (login required)

View Item View Item