ANALISIS KURIKULUM PEMBELAJARAN DI KUTTAB ABU BAKAR YAYASAN IMAM SYAFI’I PEKAN SABTU KOTA BENGKULU

PUTRA, RIDHO SUTISYAH (2022) ANALISIS KURIKULUM PEMBELAJARAN DI KUTTAB ABU BAKAR YAYASAN IMAM SYAFI’I PEKAN SABTU KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
TESIS RIDHO.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS KURIKULUM PEMBELAJARAN DI KUTTAB ABU BAKAR YAYASAN IMAM SYAFI’I PEKAN SABTU KOTA BENGKULU Penulis RIDHO SUTISYAH PUTRA NIM 2011540020 Pembimbing: 1. Dr. H. Zulkarnain S, M.Ag 2. Dr. Moch Iqbal, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pertama, Bagaimana design kurikulum pembelajaran di kuttab Abu Bakar Imam Syafi‟i Bengkulu? Kedua, Bagaimana Implementasi dari kurikulum pembelajaran di Kuttab Abu Bakar Imam Syafi‟i Bengkulu? Ketiga, Bagaimana relevansi Kurikulum Kuttab Abu Bakar Imam Syafi‟i dengan kurikulum Nasional?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan yaitu wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah fenomenologis. Analisis data diperoleh dari triangulasi data yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan kesimpulan: Pertama, Model pengembangan kurikulum yang digunakan adalah The Grass Root Models (1) Tujuan kurikulum, yaitu mewujudkan generasi muslim yang mandiri, berakhlak dan berilmu (MALIM). Sedangkan (2) Isi kurikulum, yaitu: hafalan surat, rukun iman, rukun islam, fiqih, adab, akhlak, tajwid serta kisah para nabi, (3) Strategi Pembelajaran yaitu: menggunakan metode dalam bentuk ceramah, diskusi, sirah dan talaki. Saat proses pembelajaran guru diberikan buku panduan yang berisi proses pembelajaran Islam. (4) Evaluasi pembelajaran di kuttab Abu Bakar dilakukan dengan dua kali, yaitu melalui rapat khusus antara guru dan Kepala kuttab, kemudian yang kedua evaluasi terhadap peserta didik. kedua, tentang implementasi kurikulum di kuttab Abu Bakar, terdapat beberapa temuan yang bisa disimpulkan. (1) Pembelajaran dimulai sejak pukul 07.15 s/d 13.00 Wib, setiap kelas di isi sebanyak 24 siswa/i, dalam implementasi pembelajaran menggunakan metode yang bervariasi yaitu metode yang digunakan, bisa dalam bentuk ceramah, diskusi, talaki dan sirah. (2) Diketahui bahwasanya kuttab Abu Bakar juga mengajarkan materi umum seperti SBK, PJOK, Matematika dan tematik. (3) Terdapat hambatan dalam implementasi kurikulum bagi tenaga pendidik yaitu, tidak adanya perpustakaan sebagai bahan bacaan. Ketiga, Kurikulum kuttab Abu Bakar memiliki relevansi secara tidak langsung dengan sistem kurikulum nasional, antara lain apabila ditinjau dari segi hukum, pendidikan karakter yang hendak ditanamkan yaitu MALIM, Mandiri, Berakhlak dan Berilmu, sejalan dengan tujuan Permendiknas No. 22 Tahun 2007. Serta Buku ajar yang digunakan berorientasi pada KTSP and k-13.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: RIDHO SUTISYAH
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 25 Aug 2022 01:13
Last Modified: 25 Aug 2022 01:13
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9537

Actions (login required)

View Item View Item