PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI APPSGEYSER.COM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMPN 18 BENGKULU SELATAN

VENNY, ANDESKA RAHYU (2022) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI APPSGEYSER.COM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMPN 18 BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
158. VENNY ANDESKA RAHYU.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya guru dalam menggunakan Media Pembelajaran pada proses belajar mengajar yaitu hanya didominasi dengan ceramah dan penugasan, sehingga hasil belajar IPS siswa masih tergelong rendah di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Aplikasi AppsGeyser.Com. terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 18 Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Grup Design. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa, yakni terdiri dari kelas VIII A 20 siswa kelas eksperimen dan kelas VIII B 20 siswa kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah Tes soal pilihan ganda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dan Tes. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil Tes soal menggunakan aplikasi Appsgeyser.com dan tanpa menggunakan aplikasi Appsgeyser.com siswa kelas VIII dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan aplikasi Appsgeyser.com berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VIII. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: hasil uji “t” terhadap hasil belajar posttest kedua kelompok di peroleh

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Appsgeyser.Com dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:49
Last Modified: 22 Sep 2022 02:49
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9729

Actions (login required)

View Item View Item