GAMBARAN PROSES PENERIMAAN DIRI ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK DENGAN PENYANDANG TUNADAKSA DI KECAMATAN TELUK SEGARA KOTA BENGKULU

Utami, Rizki Badriani (2022) GAMBARAN PROSES PENERIMAAN DIRI ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK DENGAN PENYANDANG TUNADAKSA DI KECAMATAN TELUK SEGARA KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
RIZKI BADRIANI UTAMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peneliti ini mengangkat masalah tentang bagaimana proses penerimaan orang tua dan faktor yang mempengaruhi penerimaan orang tua yang memiliki anak tunadaksa di Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerimaan orang tua yang memiliki anak tunadaksa dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan orang tua yang memiliki anak tunadaksa tua yang memiliki anak tunadaksa di Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bermanfaat memberikan informasi fakta dan data mengenai proses penerimaan orang tua yang memiliki anak tundaksa. Informan berjumlah 13 orang yaitu 12 orang tua anak tundaksa dan 1 pendamping penyandang disabilitas Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran proses penerimaan diri orang tua yang memiliki anak dengan penyandang tunadaksa dari 12 informan ada 10 informan terlihat telah berada pada tahap acceptance, dengan beberapa proses yang dilewati. Ada 2 informan yang belum mencapai tahap acceptance (penerimaan). Proses yang mereka lalui untuk menuju tahap penerimaan diri yang paling dominan adalah tahap denial (penolakan), tahap bargaining (tawar�menawar) dan tahap acceptance (penerimaan), karena manusia memiliki sifat sulit menerima dan melakukan. Sebagian besar informan tidak melewati tahap anger (marah) dan tahap depression (depresi) karena keputusasaan, secara teori lebih kepada bentuk-bentuk penolakan (denial) karena tidak muncul maka yang lebih dominan itu di tahap denial (penolakan). Faktor yang mempengaruhi penerimaan diri orang tua memiliki anak dengan penyandang tunadaksa ada faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu faktor ekonomi keluarga, tingkat pendidikan pasangan suami istri, usia masing-masing orang tua dan spiritualitas, terutama sikap keberagamaan (ikhlas, sabar, tawakkal, dan tunduk pada takdir). Sedangkan faktor eksternal yaitu dukungan dari keluarga besar, sikap para ahli yang mendiagnosa anak mereka, status perkawinan, sikap masyarakat umum, dan sarana penunjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan, Orang Tua, Tunadaksa
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:19
Last Modified: 03 Oct 2022 03:19
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10014

Actions (login required)

View Item View Item