TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTEK AKAD PENJUALAN KOPI SEBELUM PEMBAGIAN HASIL ANTARA PEMILIK DAN PENGGARAP KEBUN (Studi Kasus di Desa Pungguk Meranti Kec.Ujan Mas Kab. Kepahiang)

Analisa, Sintami (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTEK AKAD PENJUALAN KOPI SEBELUM PEMBAGIAN HASIL ANTARA PEMILIK DAN PENGGARAP KEBUN (Studi Kasus di Desa Pungguk Meranti Kec.Ujan Mas Kab. Kepahiang). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SINTAMI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Analisa Sinta, NIM:1711120084 , Judul(Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktek Akad Penjualan Kopi Sebelum Pembagan Hasil Antara Pemilik dan Penggarap Kebun (Studi Kasus di Desa Pungguk Meranti Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang). Berdasarkan latar belakang di atas maka menjadi pokok permasalahannya adalah, Apa Faktor-Faktor yang mempengaruhi Penggarap memberikan Hasil Yang Tidak Sesuai Kepada Pemilik Kebun Kopi (Studi Kasus di Desa Pungguk Meranti Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang), Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penjualan Sebelum Pembagian Hasil Yang tidak sesuai Antara Pemilik dan Penggarap Kebun Kopi (Studi Kasus di Desa Pungguk Meranti Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang). Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi yang dilakukan oleh Penjualmemberikan Hasil Yang Tidak Sesuai Antara Pemilik dan Penggarap Kebun Kopi (Studi Kasus di Desa Pungguk Meranti Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang). Untuk mengetahui hukum Islam Terhadap Penjualan Sebelum Pembagian Hasil Yang Tidak Sesuai Antara Pemilik dan Penggarap Kebun Kopi (Studi Kasus di Desa Pungguk Meranti Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Penelitian lapangan adalah mempelajari secara intensif tetang latar belakangkeadaan sekarang, intenraksi status sosial,individu, kelompok, lembaga dan masyarakat. Penelitian lapangan (Field Research) yang juga dianggap sebagai pendekatan luas dalam penelitian kualitatif. Ide penting dan jenis penelitian adalah bahwa peneliti beranngkat ke lapangan adapun pengamatan data yang digunakan berlaku Tinjauan hukum Islam. Adapun Faktor-Faktor yang mempengaruhi Penggarap memberikan Hasil Yang Tidak Sesuai Kepada Pemilik Kebun Kopi (Studi Kasus di Desa Pungguk Meranti Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang) adalah penghasilan penggarap yang sedikit sehingga harus memenuhi kebutuhan perekonomian mereka seperti biaya kehidupan sehari-hari, biaya anak sekolah dan biaya tidak terduga lainnya, sehingga penggarap melakukan penjualan kopi ke agen yang lain sebelum hasil kopi dikumpulkan dan di bagi hasilnya. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penjualan Sebelum Pembagian Hasil didalam Qur’an Surat An-Nisa : 29 dan Q.S Albaqarah ayat 188. Didalam kedua Quran tersebut sudah di jelaskan bawasanya menjual hasil kopi sebelum pembagiannya hukumnya Haram karena dapat merugikan orang lain dan mengambil hak orang lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Musaqah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:19
Last Modified: 03 Oct 2022 03:19
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10020

Actions (login required)

View Item View Item