PEMBINAAN DAN PENGAWASAN PEMERINTAH DESA OLEH PEMERINTAHAN KECAMATAN PADANG GUCI HILIR DALAM MEWUJUDKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH

Listari, Enta (2022) PEMBINAAN DAN PENGAWASAN PEMERINTAH DESA OLEH PEMERINTAHAN KECAMATAN PADANG GUCI HILIR DALAM MEWUJUDKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
ENTA LISTARI HTN 1811150011.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana pembinaan dan pengawasan pemerintah desa oleh pemerintahan kecamatan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (2) Bagaimana kajian siyasah dusturiyah terhadap pembinaan dan pengawasan pemerintah desa oleh pemerintahan kecamatan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pembinaan dan pengawasan pemerintah desa oleh pemerintahan kecamatan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Untuk mengetahui kajian siyasah dusturiyah terhadap pembinaan dan pengawasan pemerintah desa oleh pemerintahan kecamatan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berdasarkan studi kasus dengan peneliltian lapangan, data-data yang didapat melalui wawancara, catatan lapangan, foto dan dokumen. Tehnik observasi wawancara, untuk menganalisa data penulis mendeskripsikan melalui hasil wawancara Camat, Perangkat Kecamatan dan Kepala Desa. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan. dalam mewujudkan tata kelola yang baik, pihak kecamatan sudah memberikan pembinaan berupa pemberian pedoman, pemberian pengarahan, pemberian bimbingan, pemberian pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat. Tapi kegiatan yang telah diberikan kurang maksimal yang mana Camat dan Perangkat Kecamatan jarang untuk memberikan arahan terhadap kinerja untuk pemerintah desa, dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, maka islam sudah memposisikan pemerintahan desa sebagai bagian dari al-Imamah, hal ini jika dikaitkan dengan fiqh al-Siyasah alDusturiyyah, maka pemerintahan desa masuk dalam al-siyasah al-Dusturiyyah alThanfidiyyah yang menjelaskan tentang imam (pemimpin) yang di dalamnya terdapat instrumen pendukung yaitu; Al-siyasah, Tasharuf yang terstruktur, Mas‟uliyah dan Ba‟iah„ammah. Sehingga seorang pemimpin bagi ummat mempunyai tanggung jawab penuh, untuk melaksanakan perannya secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Pengawasan, dan Tata Kelola Pemerintah Yang Baik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:20
Last Modified: 03 Oct 2022 03:20
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10027

Actions (login required)

View Item View Item