PENGEMBANGAN E-MODULE AUDIOVISUAL BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK SISWA SMP PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Fajarwati, Aulya (2022) PENGEMBANGAN E-MODULE AUDIOVISUAL BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK SISWA SMP PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
skripsi Aulya Fajarwati-fix.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pengembangan dalam penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-module audiovisual berbasis android pada mata pelajaran matematika materi perbandingan yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evalution). Kualitas kevalidan e-modul divalidasi oleh tiga orang validator, yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Uji kepraktisan dan keefektifan 20 orang peserta didik dan satu orang guru mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil penilaian dari validator ahli materi diperoleh nilai rata-rata “86,6%” dengan kriteria “Sangat Valid”, hasil penilaian dari validator ahli media memperoleh nilai rata-rata “91%” dengan kriteria “Sangat Valid”, dan hasil penilaian dari ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata “98%” dengan kriteria “Sangat Valid”. Pada angket respon guru diperoleh nilai rata-rata “78%” dengan kriteria “Praktis” dan angket untuk respon peserta didik memperoleh nilai rata�rata “86%” dengan kriteria “Sangat Praktis”. Kemudia untuk hasil tes pada uji keefektifan memperoleh nilai rata-rata “78,25%” dengan kriteria “Efektif” dan dengan nilai rata-rata tes sudah diatas 75 atau sesuai KKM. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-module ini telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai media tambahan untuk pembelajaran matematika pada materi perbandingan kelas VII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E-module, Android, Perbandingan.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Matematika
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:27
Last Modified: 03 Oct 2022 03:27
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10072

Actions (login required)

View Item View Item