Penerapan Model Pembelajaran Alquran Hadis Berbasis Sosiokultural di Madrasah Tsanawiyah Islam Terpadu Misykatul Anwar Pondok Pesantren al-Aqobah Al-Hidayah 4 Kabupaten Jombang Jawa Timur

Ulifah, 0 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Alquran Hadis Berbasis Sosiokultural di Madrasah Tsanawiyah Islam Terpadu Misykatul Anwar Pondok Pesantren al-Aqobah Al-Hidayah 4 Kabupaten Jombang Jawa Timur. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
ULIFAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan Model Pembelajaran Alquran Hadis Berbasis Sosiokultural di Madrasah Tsanawiyah Islam Terpadu Miskatul Anwar Pondok Pesantren al-Aqobah Al-Hidayah 4 Kabupaten Jombang Jawa Timur Oleh: Ulifah/NIM: 317 307 0026 Penerapan pembelajaran Alquran Hadis di MTs ITMA Aqobah 4 layak untuk diteliti secara mendalam karena beberapa alasan. Pertama: MTs ITMA Aqobah 4 memiliki kekhasan Tahfidz Alquran dan Hadis. Kedua, kurikulum yang diterapkan mengintegrasikan kurikulum Madrasah dengan kurikulum pesantren. Ketiga, siswa yang belajar berasal dari beragam suku, bahasa, dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang model pembelajaran Alquran Hadis yang diterapkan berbasis sosiokultural. Mulai dari perencanaan pembelajarannya, proses pelaksanaannya, efektifitas dan praktikalitas pembelajaran yang digunakan, dan evaluasi metode pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai sosiokultural. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif�evaluatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tahapan Miles dan Hubeman mulai dari pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, Rencana Program Pembelajaran sejalan dengan misi utama pendidikan, yaitu pengembangan potensi peserta didik dan kapasitasnya. Kedua, Dengan penerapan proses pembelajaran yang baik berdampak pada keberhasilan peserta didik dalam menigkatkan kapasitas pengetahuan, sikap dan perilaku, terutama pengamalan ilmu Alquran Hadis. Ketiga, program One Day Five Ayat and One Hadis dan Murajaah merupakan metode yang memiliki efektifitas yang baik. Keempat, model pembelajaran Alquran Hadis dengan metode taqriri tepat dilakukan karena mempertimbangkan keberagaman peserta didik yang ada. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Sosiokultural, Alquran, Hadis, Metode Taqriri dan Murajaah

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran, Sosiokultural, Alquran, Hadis, Metode Taqriri dan Murajaah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:28
Last Modified: 03 Oct 2022 03:28
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10088

Actions (login required)

View Item View Item