Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Dan Karakter Peduli Sosial Siswa Dalam Mengatasi Masalah-Masalah Sosial Masyarakat Di SMKN 1 Rejang Lebong

Jelita, Dian (2017) Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Dan Karakter Peduli Sosial Siswa Dalam Mengatasi Masalah-Masalah Sosial Masyarakat Di SMKN 1 Rejang Lebong. Masters thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DIAN JELITA.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Karakter Peduli Sosial Siswa Dalam Mengatasi Masalah-Masalah Sosial Masyarakat Di SMKN 1 Rejang Lebong ABSTRAK Dian Jelita NIM 2153020720 Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh langsung maupun tidak langsung dari metode pembelajaran problem based learning dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa dan karakter peduli sosial siswa dalam mengatasi masalah-masalah sosial masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen yang menggunakan metode analisis data dengan uji statistik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan adanya tiga kesimpulan. Pertama pengaruh tak langsung lingkungan belajar (X2) terhadap motivasi belajar siswa (Y1) melalui metode pembelajaran problem based learning (X1) sebesar 31,67% dan pengaruh variabel lainnya terhadap motivasi belajar siswa (Y1) sebesar 66, 902%. Kedua terdapat pengaruh langsung dan tak langsung antara metodepembelajaran problem based learning, lingkungan belajar dan motivasi belajar siswa terhadap karakter peduli sosial siswa. Besarnya pengaruh tersebut yaitu pengaruh tak langsung lingkungan belajar (X2) terhadap karakter peduli sosial (Y2) melalui motivasi belajar siswa (Y1) sebesar 8,55%, Pengaruh total terhadap karakter peduli sosial (Y2) dari ketiga variabel metode pembelajaran problem based learning (X1), lingkungan belajar (X2) dan motivasi belajar (Y1) sebesar 20,15%, daan pengaruh variabel lain terhadap karakter peduli sosial siswa sebesar 79,85%. Ketiga terdapat pengaruh langsung dan tak langsung antara metodepembelajaran problem based learning, lingkungan belajar, motivasi belajar dan karakter peduli sosial siswa terhadap terhadapsiswa mengatasi masalahmasalah sosial di masyarakat . ketiga Terdapat pengaruh langsung dan tak langsung antara metodepembelajaran problem based learning, lingkungan belajar, motivasi belajar dan karakter peduli sosial siswa terhadap terhadapsiswa mengatasi masalah-masalah sosial di masyarakat besar pengaruhny yaitu pengaruh tak langsung karakter peduli sosial (Y2) terhadap siswa dalam mengatasi masalah-masalah sosial masyarakat (Z) melalui lingkungan belajar (X2) sebesar 7,91%. pengaruh total terhadap siswa dalam mengatasi masalahmasalah sosial masyarakat (Z) dari keempat variabel metode pembelajaran problem based learning (X1), lingkungan belajar (X2), motivasi belajar siswa (Y1) karakter peduli sosial siswa (Y2) sebesar 33,56% pengaruh variabel lain terhadap siswa dalam mengatasi masalah-masalah sosial masyarakat sebesar 77,6%. Kata kunci: metode pembelajaran,problem based learning, lingkungan belajar, motivasi belajar, karakter siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2019 04:40
Last Modified: 15 Mar 2019 04:42
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/101

Actions (login required)

View Item View Item