STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGUS DAN DISIPLIN PADA SISWA SMP NEGERI KECAMATAN KETAHUN BENGKULU UTARA

Saiman, Saiman (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGUS DAN DISIPLIN PADA SISWA SMP NEGERI KECAMATAN KETAHUN BENGKULU UTARA. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
TESIS SAIMAN-S2 PAI-2011540002-.pdf

Download (30MB)

Abstract

Rumusan penelitian ini adalah: bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius dan disiplin pada siswa SMP Negeri Kecamatan Ketahun Bengkulu Utara ?, bagaimana dampak strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius dan disiplin pada siswa?, dan apa faktor pendukung dan hambatan pelaksanaan penanaman karakter religius disiplin pada siswa SMP Negeri Kecamatan Kecamatan Ketahun Bengkulu Utara ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan antara lain menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis melalui; Reduksi Data; Penyajian Data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi guru dalam menanamkan nilai karakter religius dan disiplin pada siswa melalui pembiasaan sholat dzuhur berjamaah, Pembiasaan sebelum pembuka pembelajaran dengan membaca Surat Al-Fatihah dan ditutup dengan membaca surat Al-Ashar, ditengah pembelajaran guru PAI memberikan nasihat-nasihat yang berkenaan dengan pentingnya berkarakater religius dan disiplin. Dampak dari strategi guru PAI dalam menanamkan karakter religius dan disiplini ini adalah tumbuh kesadaran siswa untuk melaksanakan shalat, siswa terlihat sangat sopan dengan guru dan orang tuanya, dam faktor pendukung dan penghambat berasal dari internal dan eksternal siswa sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Karakter Religius dan Disiplin, Pembiasaan
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:30
Last Modified: 03 Oct 2022 03:30
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10102

Actions (login required)

View Item View Item