PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN NILAI�NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL PADA SISWA MIN 2 KOTA BENGKULU

Purnomo, Ari (2022) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN NILAI�NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL PADA SISWA MIN 2 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
1. SKRIPSI ARI PURNOMO FINISH aamiin.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya nilai-nilai pendidikan karakter (peduli sosial) di MIN 2 Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat Hal ini dapat di lihat dari rasa kepedulian sosial siswa terhadap temannya cukup rendah, ketika siswa di jemput orang tuanya menggunakan mobil atau motor siswa tidak mau memberikan tumpangan kepada temannya yang rumahnya saling berdekatan atau searah dengan rumahnya. Hal ini juga dapat dilihat ketika melakukan olahraga bermain bola, ada salah satu siswa yang terjatuh temanya tidak membantu siswa yang terjatuh melainkan menertawakannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru dan orang tua dalam mengembangkan nilai-nilai karakter (peduli sosial) pada siswa kelas V G MIN 2 Kota Bengkulu serta untuk mengetahui faktor penghambat dalam kurangnya rasa kepedulian sosial anak. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 2 Kota Bengkulu dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di laksanakan dapat di ketahui bahwa peran guru terhadap pendidikan karakter (peduli sosial) dikelas V G MIN 2 Kota Bengkulu, sudah menanamkan nilai-nilai karakter dengan cukup baik. Hal tersebut dilihat dari perubahan karakter atau sikap pada diri siswa setiap pertemuan kegiatan belajar mengajar di kelas. Berdasarkan hasil analisis data dan observasi, peran guru sebagai pengelola pembelajaran telah menimbulkan karakter mandiri, kreatif dengan memberikan tugas dan memberikan situasi kondusif di dalam kelas kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru dan Orang Tua, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter (Peduli Sosial)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:30
Last Modified: 03 Oct 2022 03:30
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10105

Actions (login required)

View Item View Item