PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI PAUD CINTA BUNDA DESA AIR PUTIH KABUPATEN BENGKULU TENGAH

MARDIANTI, YUNIAR (2022) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI PAUD CINTA BUNDA DESA AIR PUTIH KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
YUNIAR_PIAUD.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional congklak terhadap perkembangan kognitif dan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode eksperimen di Paud Cinta Bunda Desa Air Putih Kabupaten Bengkulu Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain Pretest Posttest Control Grup Desain. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahawa permainan tradisional congklak berpengaruh terhadap perkembangan kognitif dan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun. Perkembangan kognitif pretest dan posttet baik pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. prestest dan posttest, pada kelompok eksperimen adalah -21,5556 dengan standar deviasi 7,24760 dan t-obtained -8922 Pada tingkat signifikan 0,05 derajat kebebasan 8. Dapat dilihat berdasarkan hasil perhitungan nilai SPSS yang diperoleh bahwa nilai signifikasi 0,000 ˂ nilai α yaitu 0,05. Perkembangan sosial-emosional anak dapat dilihat dari pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah -17,667 dengan standar deviasi 3,677 dan t-obtained -14,425. Pada tingkat signifikan 0,00 derajat kebebasan 8. Dapat dilihat berdasarkan hasil perhitungan nilai SPSS yang diperoleh bahwa nilai signifikasi 0,000 ˂ nilai α yaitu 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Permainan tradisional congklak, Perkembangan kognitif dan sosial-Emosional anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:31
Last Modified: 03 Oct 2022 03:31
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10114

Actions (login required)

View Item View Item