Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 39 Seluma

Rusmiati, Yeni (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 39 Seluma. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
YENI_IPS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang yang ingin dicapai dalam penelitian 1) untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, dan 2) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan pendekatan kuantitatif komparasional. Analisis independent t tes sample menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran discobery learning terhadap hasil belajar siswa, berdasarkan test equal variances assumed (data homogen dalam uji prasyarat) menunjukkan hasil analisis independent samples test (t-test) hasil belajar menggunakan model discovery learning menunjukkan nilai Sig. = 0,036 < 0,05, ini berarti terdapat perubahan signifikan dari antra postes kelas eksperimen terhadap postes kelas kontol dalam penelitian ini. Analisis berikutnya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap minat belajar pada pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 39 Seluma hasil dengan rata-rata rank minat belajar kelas kontrol sebesar 58,68 lebih kecil dibandingkan dengan minat belajar kelas eksperimen sebesar 72,67 Berdasarkan test equal variances assumed (data homogen dalam uji prasyarat) menunjukkan hasil analisis independent samples test (t-test) minat belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning Sig. (2- tailed) lebih kecil dari 0,05 ini berarti terdapat perubahan signifikan dari antra minat belajar kelas eksperimen terhadap minat belajar kelas control

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model discovery learning, hasil belajar dan minat
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:31
Last Modified: 03 Oct 2022 03:31
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10118

Actions (login required)

View Item View Item