IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR STUDY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS EKSPLANASI KELAS VIII A DI SMP 13 KOTA BENGKULU

Zelayanti, Novia (2022) IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR STUDY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS EKSPLANASI KELAS VIII A DI SMP 13 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI NOVIA ZELAYANTI.pdf

Download (5MB)

Abstract

de pembelajaran dalam menyajikan materi dalam hal ini salah satu metode yang digunakan yaitu metode outdoor study . pelaksanaan metode outdoor study ini pasti memiliki faktor penghambat dan faktor pendukung. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode outdoor study, faktor pendukung dan penghambat metode outdoor study dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi teks eksplanasi siswa kelas VIII A SMP 13 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan melakukan observasi,wawancara, dan dokumentasi . subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII A. Teknik keabsahan data yaitu triangulasi seumber dengan cara pengecekan data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kepada guru dan siswa VIII A SMP 13 Kota Bengkulu. Pelaksanaan implementasi metode outdoor study dilaksanakan secara baik hal ini telah dibuktikan dengan adanya wawancara peneliti kepada guru, siswa dan pemantauanyang dilaksanaan ketika proses pembelajaran berlangsung dan faktor pendukungnya adalah siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran, serta sarana dan prasarana yang memadai dan faktor penghambatnya yaitu adanya pandemic covid-19 sehingga tidak bisa dilakukan diluar lingkungan yang cukup luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Outdoor study, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Teks Eksplanasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:32
Last Modified: 03 Oct 2022 03:32
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10131

Actions (login required)

View Item View Item