PENGARUH KETERAMPILAN MENGGUNAKAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 20 BENGKULU TENGAH

Desta, Rahma (2022) PENGARUH KETERAMPILAN MENGGUNAKAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 20 BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
FILE CD RAHMA DESTA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Keterampilan Menggunakan Variasi Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V di SDN 20 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penlitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 25.0 statistic for windows. Hasil penelitian menunjukkan dari uji Anova dengan F hitung 64,950 dengan tingkat signifikansi 0,000<0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi atau dengan kata lain ada pengaruh variabel keterampilan menggunakan variasi mengajar(X) dengan variabel motivasi belajar matematika siswa(Y). Dari uji R square ditemukan nilai R square sebesar hubungan(R) yaitu sebesar 0,772. Dari output tersebut diperoleh hasil koefisiensi Determinasi Model Summary di atas diketahui nilai R square sebesar 0,596. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model regresi, dimana variabel independen(keterampilan menggunakan variasi mengajar) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen(motivasi belajar matematika siswa) sebesar 59,6%. t hitung > t tabel (8,059 > 1,680). Karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan menggunakan variasi mengajar terhadap motivasi belajar matematika. Dan dari hasil uji t pula, diketahui nilai sign. 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) ini berarti terdapat pengaruh yang erat antara keterampilan menggunakan variasi mengajar terhadap motivasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menggunakan Variasi Mengajar, Motivasi Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:32
Last Modified: 03 Oct 2022 03:32
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10136

Actions (login required)

View Item View Item