PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS IV DI MI ALISLAM KOTA BENGKULU

Siregar, Rahmat Alwi Effendi (2022) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS IV DI MI ALISLAM KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
RAHMAT ALWI EFFENDI S..pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IV di MI AlIslam Kota Bengkulu. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pendekatan survei, yaitu peneliti memilih sejumlah responden sebagai sampel, dan memberikan kuesioner yang sudah baku. Kuesioner di sini sebagai alat ukur sebuah data yang hendak diperoleh, maka dari itu penting kiranya seorang peneliti memilih pernyataan yang sesuai sehingga dapat memperoleh data secara optimal. Uji linearitas merupakan suatu prosedur yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan linear suatu distribusi data penelitian. Uji linearitas diketahui dengan menggunakan uji F, kriterianya adalah apabila sig > 0,05 maka hubungan variabel bebas dan variabel terikat linear. Setelah dilakukan perhitungan dengan program SPSS 23, maka diketahui hasil uji F menunjukkan nilai sig deviation from linearity (0,436) > 0,05 maka hubungan variabel bebas dengan variabel terikat linear dengan taraf signifikansi 5%. Hal ini berlaku variabel bebas terhadap variabel terikat, sehingga dapat diketahui bahwa variabel bebas memiliki hubungan yang linear dengan variabel terikat, sehingga analisis regresi dapat dilanjutkan ke statistika parameteris. Hasil penelitian yang diperoleh bahwasanya, Pengambilan keputusan dalam uji regresi linear sederhana dapat dilihat pada dua hal, yakni membandingkan nilai signifikansi dengan probabilitas 0,05. Jika nilai signifikansi < 0,05 artinya variabel X berpengaruh viii terhadap variabel Y dan jika nilai signifikansi > 0,05 maka artinya variabel X tidak berpengaruh terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana yang telah dilakukan, maka didapat pada nilai signifikansi 0,003 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Maka dilihat dari dasar pengambilan keputusan uji t yaitu jika nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka diterima yang berarti terdapat pengaruh variabel X terhadap Variabel Y. Dengan kata lain, ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:32
Last Modified: 03 Oct 2022 03:32
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10137

Actions (login required)

View Item View Item