ANALISIS PENERAPAN MARGIN AKAD MURABAHAH PADA PEMBIAYAAN PT. PERMODALAN NASIONAL MADANI (PESERO) MEKAAR SYARIAH CABANG KEC. KARANG TINGGI KAB. BENGKULU TENGAH

Repitasari, Repi (2022) ANALISIS PENERAPAN MARGIN AKAD MURABAHAH PADA PEMBIAYAAN PT. PERMODALAN NASIONAL MADANI (PESERO) MEKAAR SYARIAH CABANG KEC. KARANG TINGGI KAB. BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
REPI REPITASARI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penerapan Margin Akad Murabahah pada Pembiayaan PT.PNM Mekaar Syariah Cabang Kec. Karang Tinggi Kab. Bengkulu Tengah.Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer dan sekunder berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penentuan margin akad murabahah pada pembiayaan PT. PNM Mekaar Syariah Cabang Kec. Karang Tinggi Kab. Bengkulu Tengah berdasarkan pada harga jual pasar. Adapun nilai dari margin yang didapatkan perbulan dengan pilihan tenor waktu yang telah ditentukan. Sedangkan dalam menerapkan metode angsurannya menggunakan metode flat dimana dalam PNM Mekaar Syariah memiliki margin kentungan yang selalu sama pada setiap sesuai waktu yang nasabah pilihkan. Dalam tinjaun Ekonomi Islam Penerapan Margin akad murabahah pada PNM Mekaar Syariah cabang Kec. Karang Tinggi Kab. Bengkulu Tengah sudah sesuai dengan Ekonomi Islam karena, sudah berdasarkan kesepakatan dan dalam penerapan margin tidak mengandung unsur riba sebab PNM Mekaar Syariah mengambil keuntungan dengan cara menerapkan margin yang akan diberikan kepada calon nasabah sesuai atas kesepakatan antara kedua belah pihak yang dijelaskan secara terperinci mengenai penetapan angsuran yang akan di bayar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Margin, Akad Murabahah, Ekonomi Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:38
Last Modified: 03 Oct 2022 03:38
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10167

Actions (login required)

View Item View Item