Rusmiati, Asih (2022) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SDIT IQRA’ 1 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI ASIH.pdf Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas III di SDIT Iqra‟1 Kota Bengkulu. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Strategi guru yang di maksud merupakan upaya guru dalam meningkatkan motivasi siswa. Motivasi belajar siswa yang dimaksud adalah dorongan yang ada dalam diri siswa untuk melakukan aktivitas belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Strategi dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa yang digunakan guru meliputi: strategi perencanaan pembelajaran, strategi pengorganisasian pembelajaran, strategi pemilihan metode pembelajaran, strategi pelaksanaan pembelajaran, strategi memilih media pembelajaran dan strategi evaluasi pembelajaran. Faktor pendukung tumbuhnya motivasi belajar siswa kelas III SDIT Iqra‟1 Kota Bengkulu ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor dari dalam diri siswa maupun faktor dari luar diri siswa. Dari berbagai faktor tersebut, yang paling dominan adalah faktor internal atau yang tumbuh dari dalam diri siswa itu sendiri. Pada faktor penghambat, ada beberapa hal yang menjadi perhatian guru khususnya guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam menerapkan strategi pe mbelajaran diantaranya yaitu faktor dari siswanya karena tipe kecerdasan siswa di SDIT Iqra‟1 Kota Bengkulu ini berbeda satu sama lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Motivasi Belajar, Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 03:38 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 03:38 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10169 |
Actions (login required)
View Item |