PEMAHAMAN MASYARAKAT DALAM MENUNAIKAN PEMBAYARAN ZAKAT PERTANIAN (PADI) DI DESA TEDUNAN KECAMATAN SEMIDANG ALAS MARAS KABUPATEN SELUMA

Andika, Sena Dwi (2022) PEMAHAMAN MASYARAKAT DALAM MENUNAIKAN PEMBAYARAN ZAKAT PERTANIAN (PADI) DI DESA TEDUNAN KECAMATAN SEMIDANG ALAS MARAS KABUPATEN SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI SENA DWI ANDIKA NIM 1811160002.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pemahaman petani padi tentang zakat pertanian padi. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun untuk data yang diperoleh di lapangan penulis menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Desa Tedunan belum menunaikan zakat mal berupa zakat hasil pertanian padi. Mereka hanya mengetahui zakat fitrahsaja, sedangkan zakat pertanian padi banyak yang tidak tahu bahwa zakat pertanian padi ada zakatnya. Mereka tidak tahu nishab, haul dan tidak tahu pertanian apa saja yang wajib dikeluarkan zakatnya. Mereka berpikir bahwa dengan adanya zakat fitrah tidak perlu lagi membayar zakat, kemudian kalau pun ada yang mengeluarkan hasil panen padi mereka membagikannya dengan tetangga atau keluarga yang kurang mampu. Adapun yang telah membayar zakat pertanian padi tapi tidak tahu berapa jumlah yang harus dikeluarkan. Sedangkan peluang untuk zakat pertanian padi besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Zakat, Pertanian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Zakat Wakaf
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:46
Last Modified: 03 Oct 2022 03:46
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10203

Actions (login required)

View Item View Item