HUBUNGAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA DI MTS MIFTAHUL HIDAYAH KABUPATEN SELUMA

Rohmayanti, Nia (2022) HUBUNGAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA DI MTS MIFTAHUL HIDAYAH KABUPATEN SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Bab I-V_B5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari masih terdapat rendahnya perilaku sopan santun siswa. Indikasi dari rendahnya perilaku sopan santun siswa ini seperti masih ada siswa yang berkata kotor/kasar, siswa yang bersikap acuh ketika bertemu atau berpapasan dengan guru, dan siswa yang tidak tertib saat mengikuti pembelajaran (bolos). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah ada hubungan pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak dengan perilaku sopan santun siswa di Miftahul Hidayah Kabupaten Seluma. Adapun jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat hubungan pemahaman mata pelajaran Akidah Akhlak berpengaruh posistif dengan perilaku sopan santun siswa di MTs Miftahul Hidayah. pada α= 5% atau (confidence interval sebesar 95%), dengan persamaan regresi linier sederhana Y= 80,81 + 0,104X yang artinya setiap kenaikan satu variable X (Pemahaman mata pelajaran Akidah Akhlak) maka nilai variable Y (perilaku sopan santun siswa) akan naik 0,104 tindakan, dimana pemahaman mata pelajaran Akidah Akhlak mempengaruhi perilaku sopan santun siswa di MTs Miftahul Hidayah sebesar, 0,85%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Aqidah Akhlak, Sopan Santun
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:50
Last Modified: 03 Oct 2022 03:50
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10209

Actions (login required)

View Item View Item