PENGELOLAAN KOPERASI DALAM PEMBENTUKAN MENTAL WIRAUSAHA SANTRI (Studi Pada Pondok Pesantren Darul Amal Desa Tunggang Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko)

Komalasari, Mela (2022) PENGELOLAAN KOPERASI DALAM PEMBENTUKAN MENTAL WIRAUSAHA SANTRI (Studi Pada Pondok Pesantren Darul Amal Desa Tunggang Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
MELA KOMALASARI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan koperasi dalam pembentukan mental wirausaha para santri pondok pesantren Darul Amal Desa Tunggang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap Pimpinan Pondok Pesantren, pengelola atau ibu kantin dan 5 orang santri. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pengelolaan koperasi dalam pembentukan mental wirausaha santri Pondok Pesantren Darul Amal Desa Tunggang belum berjalan dengan sebagaimana mestinya, masih terlihat belum adanya struktur kepengurusan yang jelas. Santri ikut mengelola koperasi tanpa adanya jadwal khusus sebagai seorang pengelola dan tanpa adanya tekanan jadwal khusus yang dibuat. Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa kemauan santri untuk berwirausaha itu ada tetapi perencanaan pengelolaan koperasi pondok pesantren Darul Amal yang tidak terorganisasi dengan baik sehingga santri tidak bisa belajar secara khusus untuk mengelola koperasi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Koperasi, Pembentukan Mental Wirausaha, Pondok Pesantren
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:51
Last Modified: 03 Oct 2022 03:51
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10215

Actions (login required)

View Item View Item