PENGARUH METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 5 KOTA BENGKULU

Putri, Wika Oktatri (2022) PENGARUH METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 5 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
WIKA OKTATRI PUTRI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 5 Kota Bengkulu, yang terdiri dari dua kelas. Peneliti mengambil kelas III A dan III B untuk dijadikan sampel yang berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan 20 orang sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen (Quasi Exsperimental Design) dengan pendekatan true experimental design pada bentuk pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Setelah kemampuan pretest diperoleh, maka langkah selajutnya adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi untuk kelas III A sebagai kelas eksperimen dan perlakuan tanpa menggunakan metode demonstrasi pada kelas III B sebagai kelas xi xi kontrol. Sehingga diperoleh kemampuan posttest pada kelas III A yang menggunakan metode demonstrasi bila dilihat dari frekuensi hasil belajar siswa, 3 siswa dikelompok atas/tinggi (15%) dengan nilai tes 92,25 ke atas, 13 siswa kelompok tengah/sedang (65%) dengan nilai tes 72,25 – 92,25 dan 4 siswa kelompok rendah/bawah (20%) dengan nilai tes 72,25 kebawah. Serta nilai rata-rata posttest pada kelas III A sebesar 82,25. Sedangkan kemampuan posttest pada kelas III B tanpa menggunakan metode demonstrasi bila dilihat dari frekuensi hasil belajar 3 siswa dikelompok atas/tinggi (15%) dengan nilai tes 80,35 ke atas, 14 siswa kelompok tengah/sedang (70%) dengan nilai tes 63,15 – 80,35 dan 3 siswa dikelompok rendah/bawah (15%) dengan nilai tes 53,15 ke bawah. Serta nilai rata-rata posttest kelas III B sebesar 71,75. Berapa bila dikonsultasikan dengan dasarkan perhitungan diatas. Dari perhitungan pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t terhadap kedua kelompok dengan dengan df 40 pada taraf sugnifikan 5% yaitu 2,021. Dengan demikian ≥ (3,441 ≥ 2,021) xii yang berarti hipotesis kerja ( dalam penelitian diterima., yaitu terdapat pengaruh metode demonstrasi pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Hasil yang diperoleh dalam pnelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi berbagai pihak sebagai sebuah masukkan yang bermanfaat demi kemajuan di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Demonstration Method, Thematic Learning, Learning Outcomes
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:53
Last Modified: 03 Oct 2022 03:53
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10238

Actions (login required)

View Item View Item