MEKANISME PENGELOLAAN KEGIATAN KELOMPOK SIMPAN PINJAM PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN ANGGOTA DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kelompok Simpan Pinjam Perempuan Pelita Bunda Di Desa Sido Luhur Kecamatan Sukaraja)

Marhanany, Dewi (2022) MEKANISME PENGELOLAAN KEGIATAN KELOMPOK SIMPAN PINJAM PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN ANGGOTA DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kelompok Simpan Pinjam Perempuan Pelita Bunda Di Desa Sido Luhur Kecamatan Sukaraja). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Dewi Marhanany CD.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mekanisme pengelolaan kegiatan Kelompok Simpan Pinjam Perempuan Pelita Bunda di Desa Sido Luhur Kecamatan Sukaraja untuk meningkatkan perekonomian anggotanya dan bagaimana tinjauannya dalam ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan ditentukan berdasarkan metode purpose sampling, dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dari hasil penelitian bahwa mekanisme pengelolaan kegiatan Kelompok Simpan Pinjam Perempuan Pelita Bunda untuk meningkatkan perekonomian anggotanya terbagi atas dua bagian, yaitu bagian penghimpunan dana dan bagian pendistribusian dana. Ditinjau dari ekonomi Islam mekanisme pengelolaan Kelompok Simpan Pinjam Perempuan Pelita Bunda tidak sesuai dengan prinsipprinsip ekonomi Islam karena pada mekanisme pengembalian dana pinjamanannya mengandung riba qardh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mekanisme Pengelolaan, Simpan Pinjam Perempuan, Meningkatkan Perekonomian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:55
Last Modified: 03 Oct 2022 03:55
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10256

Actions (login required)

View Item View Item