PENJUALAN MAKANAN ONLINE DI FACEBOOK SISTEM CASH ON DELIVERY DALAM PERSFEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM ( Studi Pedagang di desa Karya Mulya Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko)

Sari, Desti Yovita (2022) PENJUALAN MAKANAN ONLINE DI FACEBOOK SISTEM CASH ON DELIVERY DALAM PERSFEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM ( Studi Pedagang di desa Karya Mulya Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI DESTI YOVITA SARI Pdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sistem penjualan makanan online di facebook sistem cash on delivery, serta bagaimana perspektif etika bisnis Islami dalam penerapan sistem jual beli makanan online pada sistem cash on delivery Facebook. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data primer berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta prosedur analisis data seperti reduksi data, penyajian data, dan temuan akhir. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan sistem jual beli makanan online di facebook, sistem cas on delivery di Desa Karya Mulya diawali dengan penjual memposting menu apa saja yang sedang di jual. dijual dan kemudian melihat siapa yang menjualnya. Setelah itu siap diantar langsung ke tempat tinggal pembeli atau kesepakatan antara penjual dan pembeli tempat bertemu. Jumlah postingan setiap hari, jam pengiriman, dan menu yang dijual membedakan satu penjual dengan penjual lainnya. (2) Berdasarkan hasil penelitian, perspektif etika bisnis Islami dalam penerapan sistem jual beli makanan online di facebook sistem cash on delivery berdasarkan kriteria Etika Bisnis Islam yang terpenuhi, terutama konsep tauhid, keseimbangan, dan kehendak bebas..Adapun yang belum terpenuhi yaitu dalam proses pengantaran makanan terdapat prinsip Etika Bisnis Islam yang belum sesuai atau belum diterapkan dalam berbisnis, hal ini meliputi prinsip tanggung jawab dan kejujuran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli Makanan Online , Media Sosial Faceebook, Cod, Etika Bisnis Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:56
Last Modified: 03 Oct 2022 03:56
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10265

Actions (login required)

View Item View Item