Dhita, Dede Restu Tiara (2022) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SDN 55 SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI DEDE RESTU TIARA DHITA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa masih terdapat kendala-kendala yang dihadapi guru selama pembelajaran dengan sistem pembagian 2 kelompok dalam satu kelas adalah memerlukan banyak tenaga guru dan juga kesulitan dalam menyampaikan materi dikarenakan waktu yang terbatas dalam mengajar, sehingga untuk sekarang guru benar-benar dituntut untuk dapat melakukan pengajaran yang baik dan benar meski memiliki keterbatasan waktu dan kemampuan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: Untuk menetahui Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Proses Pembelajaran di SDN 55 Seluma dan mengetahui hambatan guru dalam mengembangkan kompetensi pedagogic Dalam Proses Pembelajaran. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) kompetensi pedagogik merupakan kompetensi khas, yang akan membedakan guru dengan profesi lainnya dan akan menentukan tingkat keberhasilan proses dan hasil pembelajaran peserta didiknya. Beberapa indicator kompetensi pedagogic diantaranya: a) Memahami peserta didik secara mendalam; b) Merancang pembelajaran; c) Melaksanakan pembelajaran yang meliputi menata latar (setting) pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif; d) Merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran yang meliputi merancang dan melaksanakan evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan denga berbagai metode; e) Mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya. 2) Hambatan yang dialami oleh guru dalam mengimplementasikan kompetensi pedagogik dalam pembeljaran tematik seperti kurangnya sarana dan prasarana untuk mata pelajaran tertentu, pembelajaran masih berpusat pada guru, masih ada sebagaian guru yang usianya sudah tua sehingga mereka sudah jenuh dan malas melakukan inovasi dalam pembelajaran khususnya dalam penggunaan IT. Ada dua faktor yang mempengaruhi, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal ini sebenarnya berkaitan erat dengan syarat-syarat menjadi seorang guru. Adapun faktor yang dimaksud antara lain: 1) Latar belakang pendidikan guru; 2) Pengalaman mengajar guru; 3) Keadaan kesejahteraan ekonomi guru. Faktor eksternal yang dapat mempengaruhi peningkatan kompetensi guru diantaranya: 1) Sarana pendidikan; 2) Kedisiplinan kerja disekolah: 3) Pengawasan kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Pedagogik, Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 03:57 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 03:57 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10284 |
Actions (login required)
View Item |