Yanti, Alen Febri (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SD NEGERI 13 BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text
SKRIPSI ALEN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Motivasi merupakan salah satu unsur kejiwaan yang terdapat pada diri setiap siswa, sehingga untuk membangkitkan kegairahan siswa untuk belajar aktif. Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar sangatlah dibutuhkan. Salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran adalah adanya motivasi yang dimiliki siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) Mengetahui dan mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 13 Bengkulu Selatan. (2) Mengetahui dan mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelasV SD Negeri 13 Bengkulu Selatan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 13 Bengkulu Selatan ditunjukkan dengan adanya guru sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator dan fasilitator serta evaluator. (2) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah: a) guru sebagai demonstrator: menggunakan metode yang sesuai, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, b) guru sebagai pengelola kelas: memperhatikan konsentrasi siswa, merolling tempat duduk, c) guru sebagai mediator dan fasilitator: menyediakan media dan fasilitas belajar, memutarkan film, d) guru sebagai evaluator: memberi hadiah, memberi nilai atau angka, memberi pujian dan hukuman
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Tematik. |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H John Hendri |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 03:59 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 03:59 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10297 |
Actions (login required)
View Item |