KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH-SURAH PENDEK DI DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (DTA) AL-AKBAR KELURAHAN BETUNGAN KOTA BENGKULU

Shallina, Dwinka (2022) KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH-SURAH PENDEK DI DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (DTA) AL-AKBAR KELURAHAN BETUNGAN KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
DWINKA SHALLINA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan, pertama mengetahui bentuk kolaborasi guru dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah pendek di DTA Al-Akbar Kelurahan Betungan Kota Bengkulu, kedua untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam kolaborasi guru dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan menghafal surah�surah pendek di DTA Al-Akbar Kelurahan Betungan Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisa data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Bentuk kolaborasi guru dan orang tua santri adalah dengan selalu berkomunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung dengan mengadakan diskusi empat mata bersama orang tua di DTA dan atau melakukan kunjungan ke rumah orang tua santri (home visit). Sedangkan secara tidak langsung yaitu berkomunikasi menggunakan platform Whatsapp dan selalu mengecek lembar setoran hafalan santri. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dari kolaborasi guru dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah pendek di DTA Al-Akbar. Faktor pendukung yakni dukungan dan dorongan yang besar dari orang tua maupun dari pihak DTA dalam meluangkan waktunya, metode yang efektif, serta alokasi waktu yang terprogram dengan baik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu ketidakhadiran orang tua dalam pada saat pertemuan diskusi empat mata bersama guru di DTA, media yang kurang optimal, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi, Guru, Orang tua, Menghafal Surah�surah Pendek
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:00
Last Modified: 03 Oct 2022 04:00
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10310

Actions (login required)

View Item View Item