ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SYARIAH UNTUK PENINGKATAN PANGSA PASAR PRODUK BASTIR (BASRENG TIRAM) DAN SATE JAMUR TIRAM DI DAERAH PONDOK KUBANG KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Hamid, Azisun (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SYARIAH UNTUK PENINGKATAN PANGSA PASAR PRODUK BASTIR (BASRENG TIRAM) DAN SATE JAMUR TIRAM DI DAERAH PONDOK KUBANG KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
AZISUN HAMID.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Pemasaran Syariah dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Produk Bastir dan Sate Jamur Tiram serta kelebihan dan kekurangan penarapan Pemasaran Syariah pada produk Bastir dan Sate Jamur Tiram. Penelitian ini dilaksanakan di Daerah Pondok Kubang, Kab. Bengkulu Tengah serta di mencakup kawasan kampus UINFAS Bengkulu. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan Strategi pemasaran syariah dalam meningkatkan pangsa pasar pada produk Bastir dan Sate Jamur Tiram di Daerah Pondok Kubang yaitu: menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari empat variabel yaitu product, price, promotion, place sudah dilakukan dengan baik sehingga mampu meningkatkan pangsa pasar. Untuk pemasaran syariah dalam meningkatkan pangsa pasar pada produk Bastir dan Sate Jamur Tiram yang terdiri dari rabbaniyyah, akhlaqiyyah, alwaqi‟iyyah dan hummanitis sudah dilakukan dengan baik sesuai dengan karakteristik pemasaran syariah. Dalam penerapan strategi pemasaran syariah pada produk Bastir dan Sate Jamur Tiram juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan penerapan pemasaran syariah yaitu produk yang halal dan berkualitas, harga yang terjangkau, lokasi strategis serta promosi yang jujur dan sewajarnya. Dari kelebihan tersebut, sudah termasuk ke dalam karakteristik pemasaran syariah yaitu rabbaniyyah dan akhlaqiyyah. kekurangan penerapan pemasaran syariah walaupun sudah menggunakan bahan-bahan yang halal tetapi produk bastir dan sate jamur tiram belum mempunyai sertifikat halal dari MUI serta keuangan dan modal terbatas, lokasi yang lumayan jauh dari pusat kota, dan belum memaksimalkan promosi. Maka dari kekurangan tersebut,juga termasuk ke dalam karakteristik pemasaran syariah yaitu Realistis atau Alwaqi‟iyyah

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Syariah, Pangsa Pasar, Jamur Tiram
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:01
Last Modified: 03 Oct 2022 04:01
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10317

Actions (login required)

View Item View Item