INTERAKSI EDUKATIF GURU PAI DALAM MEMBANGUN SIKAP KESALEHAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU

Hanisah, Umi (2022) INTERAKSI EDUKATIF GURU PAI DALAM MEMBANGUN SIKAP KESALEHAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI UMIHANISAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah berkaitan dengan praktik pembelajaran PAI yang masih banyak dijumpai hanya berkonsentrasi pada persoalan teoritis yang bersifat kognitif semata dari pertumbuhan nilai-nilai Islam dan mengabaikan pembinaan aspek afektif dan konatif-volatif, yaitu kemauan dan tekad untuk mengamalkan nilai-nilai Islam. Akibatnya sering terjadi kesenjangan antara pemahaman agama dengan praktiknya dalam kehidupan sehari-hari. Banyak ditemukan orang yang beragama secara individu saleh namun tidak dengan kesalehan sosialnya. Berdasarkan permasalahan ini, maka diadakan penelitian lebih lanjut mengenai interaksi edukatif guru PAI dan Implementasinya terhadap sikap kesalehan sosial peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi pendidikan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, verivikasi, dan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi data, yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Pola Interaksi Edukatif yang dilakukan guru PAI, yaitu 1) Pola interaksi satu arah, pola interaksi satu arah ini diwujudkan oleh Guru PAI dengan menggunakan metode ceramah. 2) Pola interaksi dua arah, untuk interaksi dua arah ini diwujudkan oleh guru PAI dengan menggunakan metode Tanya x jawab. 3) Pola interaksi banyak arah, interaksi ini guru PAI mewujudkan dalam penggunaan metode pembelajaran diskusi kelompok dan bebarapa kegiataan keagamaan yang berkaitan dengan kesalehan sosial. Kedua, interaksi edukatif guru PAI SMP Negeri 8 Kota Bengkulu diimplementasikan melalui proses KBM PAI yaitu membiasakan peserta didik berdoa diawal dan diakhir pembelajaran, memberikan apersepsi terhadap materi pembelajaran sebelumnya, penguasan dan penyampaian materi pembelajaran yang baik serta mampu menghubungkan dengan persoalan yang ada di masyarakat, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan bantuan media dan strategi pembelajaran, bersikap terbuka, inklusif, objektif, dan tidak deskriminatif terhadap peserta didik, memberikan evaluasi untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran. Di luar KBM PAI yaitu membiasakan nilai-nilai ajaran Islam kepada peserta didik melalui kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Edukatif, Kesalehan Sosial
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:00
Last Modified: 03 Oct 2022 07:00
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10332

Actions (login required)

View Item View Item