PERANAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MEMINIMALISASI KERUGIAN PADA KOPERASI KONSUMEN AL-MUAWANAH SYARIAH UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU

Indriani, Tiara (2022) PERANAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM MEMINIMALISASI KERUGIAN PADA KOPERASI KONSUMEN AL-MUAWANAH SYARIAH UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
Skripsikuuu Acc fixxx Cetakk (1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan sistem pengendalian internal atas pembiayaan Murabahah dalam meminimalisasi kerugian dan bagaimana tingkat kepatuhan nasabah dalam pengembalian pembiayaan Murabahah pada Koperasi Konsumen Al-Muawanah Syariah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Untuk mengungkap hal ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian dan pembahasan ditemukan bahwa sistem pengendalian internal pada Koperasi Konsumen Al-Muawanah Syariah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu memiliki peran yang sangat penting dengan menerapkan unsur pengendalian internal diantaranya lingkungan pengendalian, penilaian risiko, informasi dan komunikasi, prosedur pengendalian dan pengawasan dan tingkat kepatuhan nasabah berdasarkan tingkat kolektabilitasnya didalam pengembalian pembiayaan yang terbilang cukup lancar mengingat koperasi menerapkan prinsip 5C 1S untuk penilaian risiko sekaligus untuk meminimalisir adanya pembiayaan bermasalah atau kredit macet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Internal, Pembiayaan Murabahah, Meminimalisasi Kerugian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:07
Last Modified: 03 Oct 2022 07:07
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10367

Actions (login required)

View Item View Item