EFEKTIVITAS METODE PEER TUTORING DALAM PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QUR’AN MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SANGGAR ASYSYAUQI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI FATMAWATI SUKARNO BENGKULU

Sari, Feny Yunita (2022) EFEKTIVITAS METODE PEER TUTORING DALAM PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QUR’AN MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SANGGAR ASYSYAUQI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
FENY YUNITA SARI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode peer tutoring dalam pembelajaran tahsin Al-Qur‟an mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Sanggar Asy-Syauqi Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Kajian ini membahas tentang efektivitas metode peer tutoring dalam pembelajaran tahsin Al-Qur‟an mahasiswa PAI di Sanggar AsySyauqi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumen. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi, display data, verifikasi dan simpulan yang berkaitan dengan peneltian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode peer tutoring terbukti efektif dalam memperbaiki bacaan tahsin Al-Qur‟an pada mahasiswa PAI. Indikator bahwa metode peer tutoring tersebut baik digunakan dapat dilihat dalam beberapa hal yaitu; 1) Pengorganisasian materi yang baik; 2) Komunikasi yang efektif; 3) Penguasaan dan antusias terhadap materi pelajaran; 4) Sikap positif tutor terhadap mahasiswa yang ditutori; 5) Pemberian nilai yang adil; 6) Keluwesan dalam pendekatan pembelajaran; 7) Hasil belajar mahasiswa yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Peer Tutoring, Tahsin Al-Qur’an, dan Sanggar Asy-Syauqi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:08
Last Modified: 03 Oct 2022 07:08
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10377

Actions (login required)

View Item View Item