ANALISIS PROGRAM BENGKULU MAKMUR DALAM PENGURANGAN TINGKAT KEMISKINAN MUSTAHIK BERDASARKAN MODEL CIBEST (Studi Pada BAZNAS Provinsi Bengkulu)

Anggraini, Noppia (2022) ANALISIS PROGRAM BENGKULU MAKMUR DALAM PENGURANGAN TINGKAT KEMISKINAN MUSTAHIK BERDASARKAN MODEL CIBEST (Studi Pada BAZNAS Provinsi Bengkulu). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Noppia Anggraini (1811160006).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis bantuan dana zakat melalui program Bengkulu makmur yang ada di BAZNAS Provinsi Bengkulu tahun 2018-2020 dengan fokus untuk mengetahui bagaimana tingkat kemiskinan mustahik sebelum dan setelah menerima bantuan dana zakat pada program Bengkulu makmur melalui pendekatan CIBEST. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data para mustahik penerima bantuan program Bengkulu makmur pada BAZNAS Provinsi Bengkulu dan data primer yang diperoleh melalui wawancara offline dan penyebaran kuesioner. Responden dalam penelitian ini berjumlah 60 rumah tangga mustahik. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model CIBEST dan Uji Beda Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bantuan dana zakat pada program Bengkulu makmur mampu mengurangi tingkat kemiskinan material dan kemiskinan spiritual mustahik serta mampu meningkatkan kesejahteraan rumah tangga mustahik sebesar 48 persen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Zakat Produktif, Kemiskinan Mustahik, Bengkulu Makmur dan CIBEST.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Zakat Wakaf
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:08
Last Modified: 03 Oct 2022 07:08
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/10379

Actions (login required)

View Item View Item